Kisah Transgender Indonesia Yang Meraih Mimpi Di Amerika

Tuesday, October 14, 2014

Setelah kemarin publik di kagetkan dengan kematian seorang Transgender asal Lampung, Mayang Prasetyo di Brisbane, Australia, kita sepertinya harus tau juga nih bahwa ternyata ada lagi beberapa transgender asli Indonesia di luar negeri.


Salah satunya adalah Solena Chaniago, seorang transjender asal Indonesia, yang sempat menetap di New York, Amerika Serikat, sebagai pemain film dan penata rambut profesional. Namun, kerinduannya pada Indonesia membuatnya ingin melanjutkan karier di Tanah Air. Solen hijrah ke Amerika pada tahun 2005 silam.

'Sekali kamu terkenal di Amerika, bisa mengukir karier di sana, maka kamu akan lebih mudah berkarier di mana pun,' ujar nya dalam sebuah wawancara.

Solena hanya bermodalkan nekat. Tanpa mengenal siapa pun dan mengantongi 500 dollar AS, ia mencoba keberuntungannya. Berbagai pekerjaan mulai dijalaninya. Untungnya, masyarakat Amerika tidak mempermasalahkan perihal kondisi nya. Ia pun sempat bermain sebagai figuran di film 'The Brooklyn Finest' (2009)  dan 'The Extra Man' (2010).

Di lihat dari foto-foto di akun sosmed nya, Solena memili relasi yang cukup baik, dalam beberapa foto, ia tampak akrab dengan aktris serial 'Blue Is The  New Black' yang juga seorang transgender, Laverne Cox, lalu juga ada fotonya bersama aktor John Travolta, dll.

Selain dalam akting, Selena juga sukses mengukir kariernya sebagai penata rambut untuk pria. Setelah mengikuti beberapa kursus, ia mantap berkarier di Paul Labrecque, New York. Berbagai klien penting kini menjadi langganannya.

'Scooter Braun, manajernya Justin Bieber, aku yang pegang. Di New York banyak potong rambut yang 20 dollar, tapi kalau tarif aku 200 dollar dan sudah punya pelanggan tetap,' Ujar Solena bangga.

Namun kini, Solena memutuskan untuk mencoba peruntungannya di Tanah Air. Keluarga dan anak hasil perkawinannya terdahulu menjadi alasan utama ia kembali ke Indonesia. Ia ingin mencoba aktingnya dalam industri film Indonesia.

'Saya siap hidup di dua negara. Maksudnya kan pelanggan untuk potong rambut sudah ada, tinggal bikin janji. Saya juga tertantang untuk bermain film di sini.' 


Solena juga sudah siap dengan berbagai pandangan atau omongan miring yang nanti akan mampir ke telinganya.

'Perjuangan saya di Amerika saat itu lebih berat. Kalau omongan sekarang saya peduliin, saya enggak akan maju dari dulu. Jadi ya siaplah,' Ujarnya yakin.

Solena lahir di Padang, Sumatera Barat. Wajahnya terbilang ganteng, bahkan ia pernah menjadi Finalis Uda Sumatera Barat 1994. Solena juga pernah menikah dengan seorang wanita dan dikaruniai satu orang anak. Pernikahan tersebut hanya bertahan selama 11 bulan.

Solena mengaku telah mempermak beberapa bagian tubuhnya, operasi payudara yang menghabiskan Rp 120 juta. Tahun 2012, Solena baru memutuskan untuk mengganti kelaminnya di Thailand seharga Rp 300 juta-an. Lalu ia juga sedikit memoles bagian hidungnya.
 




You Might Also Like

0 comments