recent posts

banner image

10 Iklan Sensasional Yang Kena Cekal

Iklan bagi sebuah perusahaan adalah sebuah hal yang penting untuk mempromosikan produk mereka.



Demi meningkatkan penjualan, mereka pun berusaha untuk membuat iklan sebagus mungkin, bahkan tak jarang menyewa selebritis terkenal untuk semakin mendongkrak produk mereka. Namun iklan-iklan yang beredar, baik itu berupa poster, iklan di media tak jarang yang menuai protes dan dicekal, ada yang diakibatkan karena terlalu seksi, mengandung unsur sara, dll.

Termasuk dalam dunia fashion, cukup banyak brand-brand fashion yang tersandung masalah ini, iklan kampanye produk mereka di cekal di beberapa negara karena berbagai hal, misalnya iklan produk fashion Saint Laurent, lalu juga ada iklan produk fashion Tom Ford, yang cukup sering kena cekal karena dianggap terlalu seksi, brand lain seperti Dolce & Gabbana, Gucci, Miu Miu, juga pernah mengalami hal yang sama.

Kita review yuk 10 iklan produk fashion yang di cekal : 

1. Saint Laurent
Iklan Saint Laurent Spring Summer 2015 di cekal karena menampilkan model yang terlalu kurus. Model tersebut bernama Kiki Willems, model asli Belanda yang memang tampak sangat kurus berpsoe sambil tiduran sehingga tulang rusuk nya tampak jelas.

Foto-foto iklan hitam putih itu dibesut langsung oleh designer Saint Laurent kala itu, Hedi Slimane.

 

Lalu untuk kampanye iklan Saint Laurent Fall 2017 yang dibesut duo fotografer, Inez And Vinoodh, brand ini kembali mendapat kecaman karena iklannya yang dianggap terlalu provokatif. Model iklan tersebut adalah 2 model pendatang baru, Hiandra Martinez dan Fernanda Oliveira yang berpose menantang sambil memakai sepatu roda.





Masih iklan brand Saint Laurent atau YSL yang kenal banned, kali ini iklan parfum mereka 'Opium Black' di tahun 2000 lalu, dimana menampilkan model, Sophie Dahl yang tampil polos dan hanya memakai perhiasan dan di besut oleh fotografer handal, Steven Meisel.




2. Hood By Air
Brand baru asal Amerika ini menuai kritik dengan memakai model sangat kurus, Molly Bair untuk kampanye iklan mereka, Hood By Air Spring Summer 2016.




3. Jil Stuart
Hampir bermasalah dengan hal yang sama, modelnya terlalu kurus dan terlihat tidak sehat, brand Jil Stuart juga dianggap keliru memilih model Peyton Knight untuk iklan produk Jil Stuart Spring Summer 2016 mereka, karena langsung banyak diprotes.




4. Vera Wang
Masih masalah tubuh kurus para model, kali ini desainer wanita, Vera Wang juga kena protes. Iklan nya untuk Vera Wang Fall Winter 2016 yang dibesut oleh fotografer, Patrick Demarchelier menampilkan tiga model wanita yang terlihat kurang gizi karena terlalu kurus, Harleth Kuusik, Greta Varlese dan model Asia, Li Xiao Xing.




5. ADEAM
Model asal Estonia, Harleth Kuusik memang cukup banyak mendapat kritik karena badannya terlalu kurus, kali ini saat ia membintangi produk fashion brand, ADEAM Spring Summer 2017 yang dibesut oleh fotografer, Thomas Lohr.




6. Miu Miu
Iklan produk Miu Miu Fall 2011 menuai kontroversi karena menampilkan model muda yang kini menjadi aktris dan penyanyi, Hailee Steinfeld yang kala masih berusia 14 tahun,  berpose sedang duduk di rel kereta api sambil menangis dan dengan raut wajah depresi dan seolah-olah ingin bunuh diri.

Iklan yang dibesur oleh fotografer ternama, Bruce Weber ini dicekal di Italia, yang notabene adalah negara asal brand milik Miuccia Prada itu.




7. Gucci
Brand fashion Italia ini juga mengalami pencekalan dan protes karena memakai model-model yang terlalu muda dan kurus sebagai bintang iklan nya.
Gucci memang sangat menyukai model-model muda yang kurus, beberapa model langganan mereka, Mia Gruenwald, Nicole Atieno, Peyton Knight, dan Polina Oganicheva memiliki tubuh yang sangat kurus.




8. Tom Ford
Iklan-iklan milik Tom Ford juga cukup sering kena protes karena dianggap terlalu seksi, salah satunya iklan parfum 'Black Orchid' di tahun 2015 yang dibintangi model, Cara Delevingne yang kala itu berpose telanjang.



Dan yang terbaru adalah iklan parfum 'Tom Ford Soleil Fragrance 2017', namun kali ini di protes karena melakukan proses photoshop yang terlalu berlebihan terhadap modelnya, Stella Lucia.




9. Alexander Wang
Iklan produk designer Alexander Wang sesuai dengan koleksi nya yang sangat berjiwa muda, rebel dan cuek. Namun saat iklan nya juga dibuat dengan menampilkan para anak-anak muda dengan kehidupan glamor dan pesta, iklan ini justru menuai protes karena dianggap menampilkan sosok anak muda dari segi negatif nya.

Iklan ini menampilkan aktris Zoe Kravitz, Rapper Lil Yachty, dan model Adwoa Aboah, Anna Ewers, Lexi Boling, Hanne Gaby Odiele, Binx Walton, John Swiatek, Issa Lish dan Stella Lucia.




10. Moschino
Untuk iklan Moschino Fall Winter 2016, brand ini membuat iklan yang menampilkan para model nya yakni, Anja Rubik, Anna Cleveland, Ash Stymest, Raquel Zimmermann, Stella Tennant, Ash Stymest dan Yuri Pleskun sedang melakukan aksi demo. Iklan ini dinilai menampilkan aksi kekerasan, pengrusakan dan unsur sara.





10 Iklan Sensasional Yang Kena Cekal 10 Iklan Sensasional Yang Kena Cekal Reviewed by Zackylicious on Wednesday, August 16, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.