Grup HipHop Jogja Eksis Di Amerika

Sunday, November 18, 2012



Satu lagi anak-anak muda Indonesia yang mampu berprestasi didunia Internasional, kali ini kita akan membahas sebuah grup HipHop yang bernama Jogja Hip Hop Foundation (JHF), mereka ternyata cukup eksis di Amerika.


JHF adalah sebuah unit hip hop unik yang mencampurkan urban culture dengan tradisi Jawa, kembali akan melakukan tur di Amerika selama sebulan penuh, 12 November s/d 12 Desember 2012, setelah pernah diundang untuk pentas di New York pada awal 2011. Jika pada tahun lalu JHF diundang untuk melakukan konser ekslusif di kota kelahiran hip hop tersebut, kali ini JHF akan melakukan tur di 7 kota dengan 12 kali show dan beberapa aktivitas komunitas dan akademis serta pemutaran film dokumenter Hiphopdiningrat.

Pada tur kali ini JHF diundang atas nama program Center Stage US, sebuah program yang diinisiasi oleh New England Foundation for The Arts bersama U.S. Department of State's Bureau of Educational and Cultural Affairs dan U.S. Regional Arts, dengan mengundang berbagai seniman dari  seluruh dunia untuk mepresentasikan karyanya kepada masyarakat Amerika sebagai sebuah misi diplomasi kebudayaan untuk membangun dialog dan kesepahaman yang mutualis melalui seni dan budaya. JHF akan memulai tur dari kota New York dan Bronx, menuju Washington DC, Chicago,Scottsdale -Arizona, Davis, Santa Barbara, dan berakhir di San Fransisco-California. JHF juga akan diundang ke Gedung Putih untuk bertemu dengan beberapa pejabat dari kementrian terkait.

Sebuah prestasi sekaligus ironi karena JHF belum pernah diundang bertemu dengan pejabat dari kementrian terkait di negeri sendiri, misal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Meskipun hip hop berasal dari Amerika, di tangan JHF hip hop di olah dengan cita-rasa khas Indonesia, dalam hal ini Jawa, mencampurkan gamelan dan mantra atau serat tradisional yang dilahirkan kembali dalam konteks kontemporer untuk generasi hari ini. JHF percaya bahwa tradisi harus membuka diri dan bersinggungan dengan kekinian untuk menemukan eksistensi dan perannya.Dari segi penampilan, mereka juga selalu ber-cita rasa Indonesia dengan sering memakai Batik atau kostum daerah Jogja.

JHF melakukan latihan persiapan selama sepuluh hari dengan diakhiri sebuah konser kecil untuk pamitan dan terbuka untuk umum pada tanggal 7 November 2012, Jam 19:00, di studio mereka di Jogja National Museum (eks Kampus ISI) Yogyakarta. Selama sesi latihan JHF lebih menekankan pada aspek dialog di antara lagu untuk memberikan abstraksi dan konteks atas lirik-lirik Jawa mereka bagi penonton yang asing.

Mengingat tur kali ini dimulai sepuluh hari setelah bencana badai Sandy yang melanda berbagai kota yang akan disinggahi, JHF berencana melakukan sebuah program charity sederhana yang melibatkan masyarakat di kota-kota tersebut, detail program ini masih didiskusikan dengan berbagai pihak terkait di US.

JHF juga memiliki single baru berjudul 'Song Of Sabdatama' yang terasa sangat kental perpaduan musik HipHop dan kebudayaan musik Indonesia nya.

Berita ini ane dapat dari milis Yahoo : a/n Anton Kurniawan : Thanks Bradd !!

http://www.hiphopdiningrat.com/

-->

You Might Also Like

0 comments