Beberapa tahun terakhir di Indonesia
,media sosial begitu penting keberadaannya, mulai dari Friendster, Tumblr,
Facebook sampai Twitter yang saat ini “digilai” banyak masyarakat dunia
terutama Indonesia, bayangkan total pengguna Facebook dan Twitter di Indonesia
sampai akhir 2011 lalu adalah kurang lebih 47 Juta orang.
Wewww.. What a Number !
Let’s Talk About Twitter.
Jejaring social yang baru aja berulang
tahun ke 6 di bulan Maret ini menjadi yang ter-KECE di tahun-tahun terakhir
perkembangan media social di Indonesia. Jutaan kicauan dihasilkan rakyat
Indonesia di situs Microblogging ciptaan Jack Dorsey, dkk ini.
Udah ga aneh sekarang kalo tiba-tiba
ada Hastag dari pengguna Twitter orang Indonesia yang jadi Trending Topic
Worldwide, yang lucunya Hastag-hastag yang sering menggunakan bahasa alay anak
ABG Indonesia tersebut sering bikin para bule pengguna Twitter dibikin bingung,
Ini yang jadi Trending Topic ,lagi ngomongin
apa sih? Bahkan ane pernah baca keluhan salah satu bule di Twitter :
“In English Please” ucap nya. lol
Walo Facebook sekarang udah mulai
kehilangan “taringnya”, terutama di kota - kota besar Indonesia kayak Jakarta,
namun ga bisa dipungkiri udah berapa banyak keuntungan yang bisa didapet dari
media social tersebut.
Emank ga semuanya bisa memanfaatkan
media social untuk hal - hal positive, banyak juga yang terlalu naïf,
menggunakan media ini untuk kepentingan negative dan hal - hal yang ga mutu. ( Kalo itu qt
balikin ke MindSet masing - masing lagi
aja yaa…. )
Media Sosial saat ini emank udah jadi
Trend tersendiri, semua kalangan udah memanfaatkan keuntungannya sebagai media
promosi yang menjanjikan, mulai dari Politikus, Selebritis, Pengusaha sampai
Blogger kayak ane…
Namun dari semua keuntungan positif
tersebut, kita juga tetap harus kontrol diri dengan sisipan - sisipan negative
yang bisa mengganggu stabilitas kita sebagai manusia, misal nya, keasyikan
online sepanjang hari sampai Addict dan cenderung Autis akan menggangu
aktivitas lain anda.
Satu yang diharapkan untuk kedepan
,yakni keberadaan media social ini bisa lebih dimanfaatkan untuk perbaikan Indonesia
seutuhnya, apakah itu untuk kemajuan kita sebagai Negara yang sedang berkembang
ataupun perkembangan SDM nya yang harus terus ber-kutat dan bersaing dengan
manusia - manusia dibelahan dunia lain.
Kedepannya, semoga akan semakin banyak
anak - anak Indonesia yang akan mengukir prestasi dengan pemanfaatan canggihnya
media social tersebut, jadi ga hanya jago bikin Hastag dan jadi Trending Topic
aja. Kalo bisa sih, kita juga bikin media social yang bisa bikin Twitter merasa
punya kompetitor berat dan ngerasa Twitter udah ga laku di Indonesia ,karena
anak Indonesia punya media social ciptaan nya sendiri yang juga mendunia. ( Walo
sekarang udah ada beberapa diantaranya kayak Kaskus,dll )
Satu bukti nyata kemajuan Indonesia
dalam media social, bisa dilihat dengan kehadiran Arwuda Indonesia (Social Media Agency). Arwuda Indonesia adalah salah satu media social
yang ber-basis di Jakarta yang memberikan wadah bagi masyarakat Indonesia,
Arwuda Indonesia yang berkantor di Gatot Subroto, Jakarta ini punya visi untuk memberikan
pelayanan yang terbaik dalam media yang terintegrasi sosial bagi perusahaan dan
produk- produk.
Arwuda Indonesia meliputi Social Media
Strategy ,Social Media Integration, Engagement Planning, Content Planning, Social
Media Sentiment Monitoring, Community Analysis, dan Interaction Reporting.
For More Info :
Website : www.arwuda.com
Facebook : Arwuda Indonesia
Twitter : arwudaID
0 comments:
Post a Comment