7 Kostum Olimpiade Ter-Modis

Saturday, August 06, 2016

Olimpiade Rio 2016 sudah resmi di mulai pada hari Jumat 5/8 malam (Sabtu pagi waktu Indonesia) di Maracanã Stadium, Rio De Janeiro, Brazil.


Selain pertandingan yang menjadi sorotan utam event olah raga 4 tahun sekali ini, para atlet yang berlaga juga menjadi salah satu pusat perhatian. Walau atlet, namun soal fashion juga tetap jadi sorotan, beberapa negara bahkan membuat kostum khusus untuk kontingen nya dengan menggunakan jasa desainer-desainer top dunia.

Sebut saja Tim Amerika yang memakai desainer Ralph Lauren, Kanada dengan Dsquared2, Inggris dengan Stella McCartney dan Adidas, dll.

Coba kita tengok yuk ada 10 negara dengan kostum Olimpiade Ter-Modis

1. Kanada
Kebanyakan negara meminta desainer asli mereka untuk membuatkan kostum bagi atlet-atletnya, termasuk si kembar Dean & Dan Caten, duo desainer Dsquared2 yang memang asli Kanada, mereka mendesain kostum yang sangat modis untuk para atlet dengan dominasi warna merah, sesuai warna bendera Kanada.



Setelah di desain oleh Dsquared2, Kostum itu di produksi oleh Hudson's Bay, salah satu Departmen Store yang melegenda do Kanada.

'Ini merupakan kehoramatan bagi kami untuk mendesain kostum bagi tim negara kami, memadukan warna bendera Kanada dan tetap dengan ciri desain Dsquared2' Ujar Dean & Dan Caten.

Kostum buatan Dsquared2 ini di nilai yang paling bagus karena walau berupa kostum formal, tapi tetap terlihat modis dan modern.





2. Inggris
Putri Musisi Paul McCartnety, Stella McCartney untuk kedua kalinya di percaya mendesain kostum tim Nasional Inggris Raya di Olimpiade, dan masih ber-kolaborasi dengan brand Adidas.


Kostumnya di dominasi warna biru navy, dengan tambahan aksen merah di setiap desainnya dan bergambar Singa memegang Piala.

Stella pun membuat logo 'GB' (Great Britain) berukuran cukup besar di semua pakaian yang di buat. Kostum di buat dengan memakai bahan sintetik yang lebih ringan di banding kostum Inggris dulu di Olimpiade 2012.




3. Swedia
Brand raksasa asal Swedia H & M mendapat kepercayaan untuk medesain Kostum Tim Swedia.
Warna kostum pun di sesuaikan dengan warna bendera Swedia.  Kolaborasi warna biru kuning yang melambangkan bendera Swedia dirancang sedemikian rupa sehingga tetap terkesan fashionable namun ikonik melambangakan warna negaranya. Sebuah sweatshirt bahkan memiliki statement yang khas dari brand high-street ini, bertuliskan: "Swedish Medals Won 696."





4. Amerika Serikat
Tim Amerika kembali memilih brand Ralph Lauren sebagai pembuat kostum untuk atlet mereka di Olimpiade Rio 2016.

Kaos Polo Shirt yang sangat iconik dari Ralph Lauren kembali di desain untuk para atlet yang di donimasi warna biru tua.







5. Prancis
Brand fashion Lacoste, milik petenis legendaris asal Prancis, Rene Lacoste di percaya untuk membuat kostum tim Prancis, yang pasti dengan dominasi warna bendera Prancis, Biru, putih dan merah.

"Idenya adalah membuat sebuah kostum yang chic untuk merepresentasikan semangat Lacoste yang ditemukan oleh legenda tenis Rene Lacoste. Kostum ini dipotong dengan sangat rapi dan presisi," ujar direktur artistik Lacoste.





6. Italia
Desainer paling ngetop di Italia pastilah Giorgio Armani, hingga ga salah bila brand ini kembali di percaya untuk medesain kostum Tim Italia di Olimpiade.

Armani membuat seluruh kostum dan pakaian atlit selama Olimpiade berlangsung, baik yang formal ataupun kasual.


Yang unik adalah tulisan di polo shirt tim Italia, yang bertuliskan ‘Fratelli d’Italia’ atau (Brothers of Italy). Semua kostum ini juga udah di jual di toko Emporio Armani sejak bulan Maret lalu.

Armani mengatakan jika rancangannya dibuat klasik dan elegan. Untuk upacara pembukaan, para atlet memakai tracksuit hitam yang mewah dengan tulisan 'Italia' berwarna emas.






 7. Kuba
Desainer asli Prancis, Christian Louboutin justru di percaya untuk membuatkan kostum-kostum yang modis untuk atlet Kuba.


Lhoh, koq gtu ya? Ternyata bukan karena apa-apa, Louboutin mau menerima tawaran dari Kuba, hanya karena ia tertarik untuk itu. Louboutin pun menyatakan bahwa kostum-kostum itu tidaka akan di jual di pasaran ataupun secara online dimanapun. Berarti tidak ada kepentingan bisnis dalam urusan ini.

Tak hanya pakaian, Louboutin yang bekerja sama dengan desainer sportwear Henri Tai untuk busananya, juga secara khusus mendesain sandal block heels, sneakers bertali serta slip on yang seluruhnya dihiasi warna merah, khaki dan biru navy, serta lambang bintang.




Bagaimana denga Kostum Tim Indonesia?

Agak mengecewakan sih, Kostum yang didominasi warna merah putih dengan gambar burung yang terlalu besar di bagian perut jadi keliatan lebay dan norak. Kostum itupun terlihat ga fashionable di banding kostum negara-negara lain.

Kostum itu didesain oleh Prima Suci Ariani, yang mengatakan kalau dirinya memang bukan seorang perancang busana dan tak memiliki latar belakang di bidang fashion. Dia lebih senang disebut sebagai pecinta budaya, utamanya batik. Terus kenapa ga memakai desainer-desainer asli aja sih ya? kan sekarang udah banyak banget Desainer Indonesia yang hebat seperti Tex Saverio, Iwan Tirta, Sebastian Gunawan, dll.









You Might Also Like

0 comments