Jay Z Dirikan Situs Streaming Musik, Tidal

Wednesday, April 01, 2015

Mogul dunia musik, Jay Z resmi mendirikan perusahaan pelayanan musik streaming yang di beri nama Tidal.


Perusahaan musik ini resmi di luncurkan pada hari Senin, 30/3 kemarin di Skylight at Moynihan Station, New York City. Di dunia maya pun mereka mempopulerkan hastag #TIDALforALL untuk sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat luas.

Sebagai seorang musisi hebat, Produser, Pengusaha, dan suami Beyonce, Jay Z memiliki power yang sangat luar biasa sehingga ia bisa mendapat dukungan dari banyak musisi dunia dalam membangun proyek yang juga akan sangat berguna bagi musisi-musisi tersebut. Jay Z pun di kabarkan mengeluarkan modal sebesar US$ 56 Juta atau sekitar Rp. 732 Milyar.


Tak tanggung-tanggung, Tidal langsung mendapat support dari penyanyi sekelas Madonna, Rihanna, Nicki Minaj, Arcade Fire, Alicia Key, Jason Aldean,  Kanye West,  Usher, Jack White, Daft Punk, deadmau5, J. Cole, yang turut hadir dan ikut menanda tangani surat kesepakatan kepemilikan bersama Tidal. Lalu juga Chris Martin dari Coldplay dan Calvin Harris yang malam itu tak bisa hadir namun hadir secara Live via WebCam.


Alicia Keys sempat memberikan pidato singkat mewakili semua artis tersebut.

'We come to you with one voice in unity, The first ever artist owned global music and entertainment platform!'
Ujar Alicia.

Tidal akan menjadi pesaing utama dari Spotify, yang selama ini paling berjaya dalam urusan bisnis musik streaming. Namun belakangan, kehadiran Spotify mulai dirasa kurang menguntungkan bagi beberapa musisi. Akhir tahun lalu, Taylor Swift mencabut semua katalog lagunya dari situs Spotify. Taylor merasa bahwa karyanya tidak dihargai dengan royalti yang sepatutnya oleh situs yang sedang menjadi tren di seluruh dunia itu. Dan akhirnya, Taylor Swift pun sudah memindahkan semua lagunya ke situs Tidal.

 

Ternyata tak hanya Taylor, banyak musisi lain yang merasa Spotify tidak adil dalam memberikan royalti kepada artis. Oleh karena itulah akhirnya Jay Z bersama musisi-musisi lain sepakat untuk meluncurkan Tidal.
Situs Tidal akan memberlakukan biaya sebesar US$9.99 (untuk kualitas standar) bagi member yang ingin mendownload lagu-lagu dan video musik, dan biaya sebesar US$19.99 untuk kualitas High Definition.






You Might Also Like

0 comments