'Selfie' Jadi 'Word Of The Year 2013'

Friday, December 27, 2013


Dalam setahun terakhir, istilah 'Selfie' sangat ngetrend di dunia termasuk di Indonesia.


As U Know, Selfie adalah istilah memotret diri sendiri, yang sebenarnya telah ada sejak abad lalu, tapi baru kini, perkembangannya terasa dahsyat, seiring semakin majunya perkembangan Gadget, dan juga Instagram, yang Notabene saat ini menjadi akun sosial media paling keren untuk upload foto-foto keren.

Saking ngetopnya kata 'Selfie', penerbit Kamus Inggris Oxford, yang disebut-sebut sebagai otoritas tertinggi dalam ilmu bahasa mengenai teknik penyusunan kamus (leksikografi), menyatakan bahwa 'Selfie'  resmi di nobatkan menjadi 'Word Of The Year'. Selain itu, kata 'Selfie' juga secara resmi tercantum dalam Oxford English Dictionary versi daring, dalam kamus ini juga dinyatakan bahwa kata ini berasal dari Australia. Kata ini pertama kali muncul dalam sebuah forum Internet Australia (ABC Online) pada tanggal 13 September 2002.


Di Wikipedia sendiri pun, kata 'Selfie' juga sudah bisa di temukan, yang berarti :

Selfie (Foto narsisis) adalah jenis foto potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digital atau telepon kamera. Foto narsisis sering dikaitkan dengan narsisisme, terutama dalam jejaring sosial. Di industri hiburan Korea, istilah yang digunakan adalah Selca (singkatan untuk self camera).

Ke-narsisan memang saat ini menjadi hal yang krusial bagi penduduk dunia, Facebook bahkan menyediakan layanan spesial untuk alay, dengan bisa mengganti bahasa di akun mereka dengan bahasa alay atau di sebut 'Leet Speak'. LOL

Ami

Sammy Bastian

On These Pic : Sammy, Ami, Firman, Zacky & Rahma



You Might Also Like

2 comments