August 30, 2011

Published Tuesday, August 30, 2011 by with 0 comment

MTV Video Music Awards 2011

   MTV Video Music Awards (VMA) kembali  diselenggarakan di Los Angeles tepatnya di Nokia Theater. Hal yang berbeda dari penghargaan VMA ke -27 adalah tidak adanya host utama, melainkan menghadirkan sejumlah presenter untuk setiap sesi. Namun, yang cukup menarik adalah penampilah Jessy J sebelum comercial break dengan menyanyikan potongan lagu yang berbeda di setiap sesi.


   VMA dibuka oleh penampilan mother monsters, Lady GaGa yang tampil sebagai alteregonya, Joe Calderone. Seperti biasa, GaGa selalu hadir unik, nyentrik, dan menghebohkan. Ia membawakan lagu terbarunya "You & I" bersamaan dengan memainkan pianonya. Di pertengahan performancenya, sang gitaris Brian May muncul di atas panggung untuk menambah kesemarakan opening MTV VMA tahun ini.

   Setelah penampilan GaGa, pembacaan pemenang untuk kategori Best Pop Video pun dimenangkan oleh Princess of Pop, Britney Spears dengan video "Till The World Ends", yang sebelumnya diberikan oleh Jonah Hill dan Nicki Minaj. Jaz-Z & Kayne West pun hadir setelahnya dengan track terbaru mereka "Otis" lewat album "Watch The Throne." Foo Fighters pun menyabet Best Rock Video yang dibacakan oleh Miley Cyrus. Lalu, sang pendatang baru di dunia hip-sop, Nicky Minaj turut berjaya di ajang tersebut saat menggandeng awards, Best Hip-Hop Video lewat "Super Bass" nya.

   Penampilan lainnya yang mengandalkan vokal serta aksi panggung jempolan adalah Beyonce. Dirinya memilih untuk menampilkan lagu "Love On Top" yang diambil dari album 4. Beyonce mengenakan setelan jas bling bling dengan para penyanyi latar yang juga mengenakan gaun gliter-an. Sekalian panggung VMA juga untuk memperkenalkan band yang bernama Young The Giant, band asal Irvine, California yang di Januari 2011 lalu merilis album. Lagu yang mereka bawakan adalah "My Body" yang sempat nongkrong di Top 5 US Alternative chart.

   Spesialnya VMA tahun ini juga diisi dengan penghargaan khusus bagi Britney Spears atas karir musik dan videonya yang melegenda. Di atas panggung VMA di tampilkan para penari yang didandani ala Britney mulai dari video "Baby One More Time", "Toxic", "Oops I Did It Again", "You Drive Me Crazy", hingga "Circus", "Hold It Against Me", dan masih banyak lagi. Penampilan tersebut berikut sebuah penghargaan yang dinamakan The Michael Jackson Video Vanguard Award, semacam Lifetime Achievement di penghargaan lain, dipersembahkan oleh Lady GaGa.

   Dalam pengantarnya, Gaga mengakui kekagumannya pada Britney. Penampilan khusus lainnya adalah tribute ke Amy Winehouse yang ditampilkan oleh Tony Bennett. Ini berikut penampilan Bruno Mars yang membawakan lagu Valerie versi Amy dan Mark Ronson dipersembahkan oleh Russell Brand. Moment mengenang Amy Winehouse adalah moment yang mengharukan di VMA tahun ini.



   Tahun lalu, Kim Kardashian mendapatkan kesempatan untuk mempersembahkan penampilan oleh Justin Bieber. Dan tahun ini, Kim kembali mempersembahkan Justin Bieber sebagai pemenang di kategori Best Male Video, dan ini merupakan moonman kedua buat JT.


    Dominannya musisi hip-hop di kategori Best New Artist memang akhirnya memunculkan nama rapper Tyler, The Creator sebagai pemenang di kategori ini. Piala diserahkan oleh Selena Gomez dan Taylor Lautner. Presenter yang rame adalah saat aktor dan komedian senior Cloris Leachman bersama cewek-cewek dari tayangan Jersey Shore tampil untuk mempersembahkan penghargaan Best Female Artist. Moonman untuk kategori ini direbut oleh Lady Gaga. Menerima penghargaan adalah Gaga sebagai Joe, yang dalam pidatonya memberikan kebesaran hati, tidak peduli orientasi seksualmu, kau terlahir demikian.

   Gelar tertinggi di ajang MTV Video Music Awards tahun ini yaitu Video Of The Year, dipersembahkan oleh istri Tom Cruise, Katie Holmes. Dari video-video yang diunggulkan; Yonkers, Rolling In The Deep, Grenade, Firework, dan Make Some Noise, adalah video penuh kembang api milik Katy Perry yang terpilih sebagai pemenang. Dengan hiasan kepala Katy berupa kotak kuning yang eksentrik, Katy Perry menerika awards tersebut. Lil Wayne menutup acara dengan menampilkan sendunya "How To Love" disambut dengan hingar bingarnya John serta menjadi penutup pagelaran musik terheboh ala MTV tahun ini.

2011 MTV Video Music Awards — The Winners
VIDEO OF THE YEAR: Katy Perry, “Firework”
BEST FEMALE VIDEO: Lady Gaga, “Born This Way”
BEST MALE VIDEO: Justin Bieber, “U Smile”
BEST NEW ARTIST: Tyler, The Creator, “Yonkers”
BEST POP VIDEO: Britney Spears, “Till The World Ends”
BEST ROCK VIDEO: Foo Fighters, “Walk”
BEST HIP HOP VIDEO: Nicki Minaj, “Super Bass”
BEST COLLABORATION: Katy Perry & Kanye West, “E.T.”
DIRECTION IN A VIDEO: Adele, “Rolling In The Deep”
CHOREOGRAPHY: Beyonce, “Run The World (Girls)”
SPECIAL EFFECTS: Katy Perry & Kanye West, “E.T.”
ART DIRECTION: Adele, “Rolling In The Deep”
EDITING: Adele, “Rolling In The Deep”
CINEMATOGRAPHY: Adele, “Rolling In The Deep”
VIDEO WITH A MESSAGE: Lady Gaga, “Born This Way”
BEST LATINO ARTIST: Mana, “Lluvia al Corazón”
VIDEO VANGUARD AWARD: Britney Spears
 
      edit

0 comments:

Post a Comment