recent posts

banner image

Sejarah Trench Coat Ikonik Burberry

Jaket Trench Coat milik brand fashion Inggis, Burberry menjadi salah satu produk ikonik yang sampai saat ini masih laris diminati pecinta fashion.



Bagaimana sih sejarah awal jaket yang dijual mulai dari harga 10 sampai dengan 45 juta per piece ini?

Awalnya, sang pendiri, Thomas Burberry bersama tim nya membuat jaket anti air dan angin dari bahan bernama Gabardine pada tahun 1879 silam. Setahun kemudian, ternyata jaket ini laris manis kala itu karena pas dipakai oleh para atlet dan juga tentara saat Perang Dunia Pertama. Dengan warna Khaki dan bahannya yang ringan membuat para tentara suka memakai jaket ini selain bisa tetap membuat mereka bebas bergerak dengan mudah.

Sampai akhirnya ke –era abad 19, Jaket trench ini mulai digemari oleh selebritis-selebritis dunia yang sering dipakai didalam film-film, mulailah saat itu Jaket trench yang identik dengan bentuknya yang unik ini menjadi salah satu trend baru di dunia mode kala itu.

Burberry Spring Summer 2014 campaign

Trench coat milik brand fashion yang sudah berdiri sejak tahun 1856 di Basingstoke, Inggris  ini menjadi desain yang pertama kali dan original dengan model sedikit berbeda dengan jaket lain, trench coat ini panjangnya sampai dibawah lutut, memiliki tali pengikat dibagian pinggang, memiliki logam-logam bulat dan 10 kancing. Dan diawal tahun 20-an, Burberry mulai menambahkan motif kotak-kotak merah disekitar trench coat ini sampai sekarang yang sudah menjadi trademark-nya Burberry.

Masuk ke era Millenium, tepatnya tahun 2001 saat Christopher Bailey menjadi desainer dan creative director Burberry, trench coat ini kembali di modifikasi olehnya, karena selain ingin menyocokkan dengan zaman, jaket Burberry ini sudah semakin banyak dijiplak oleh brand-brand lain, sehingga Bailey ingin menciptakan versi terbaru dari trench coat iconic ini agar kembali menjadi kebanggaan Burberry.

Burberry trench coat 1938 advertising
Dengan sedikit menambah sentuhan modern, dan membuat trench coat dengan bahan-bahan lain yang tak kalah stylish seperti dari bahan lace, dll, Christopher pun menuai sukses besar dengan trench coat Burberry versi terbarunya ini. Terbukti, semakin banyaknya selebritis yang terlihat memakai trench coat ini, mulai dari Brad Pitt, Harry Styles, Kim Kardashian, Selena Gomez, Victoria Beckham, sampai model-model seperti Cara Delevingne, Suki Waterhouse, Rosie Huntington-Whiteley dan Kate Moss, yang juga pernah menjadi model iklan untuk produk-produk Burberry.

Burberry trench coat ad campaign (circa 1950)

Dan sampai saat ini, untuk koleksi yang paling baru, Burberry Fall Winter 2017 yang belum lama dirilis di ajang London Fashion Week, Christopher masih merancang trench coat ini dengan inovasi-inovasi lain seperti dengan membuat nya dengan motif kotak-kotak sebagai variasi untuk trench coat ini agar konsumen tidak bosan.





Burberry 1974 campaign

Burberry Fall Winter 2014 campaign

Burberry Fall Winter 2006 campaign

Burberry 1999 campaign - Kate Moss - Photographer : Mario Testino

Burberry 2005 campaign - Kate Moss - Photographer : Mario Testino

Burberry Spring Summer 2015 campaign - Naomi Campbell & Jourdan Dunn - Photographer : Mario Testino

Sejarah Trench Coat Ikonik Burberry Sejarah Trench Coat Ikonik Burberry Reviewed by Zackylicious on Wednesday, September 27, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.